Perbedaan MBO dan MBE
Berikut beberapa perbedaan MBO dan MBE. MBO dan MBE adalah dua model manajemen. Tujuan dari kedua model ini adalah untuk membantu manajemen fokus pada tujuan akhir yang dapat dicapai, serta menyalurkan upaya mereka untuk mencapai hasil terbaik dengan bantuan sumber daya yang tersedia pada saat itu.
MBO adalah singkatan dari Management by Objectives. MBO adalah sistem manajemen dimana setiap anggota mengambil bagian dalam perusahaan atau organisasi secara efektif.
Sedangkan MBE adalah kependekan dari Management by Exception. MBE adalah model manajemen strategis dimana manajer hanya dapat fokus pada hal-hal yang sangat penting dan mengambil keputusan penting.
Apa itu MBO?
Management by Objectives (MBO) adalah pendekatan manajemen untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Mereka melakukannya dengan menetapkan tujuan secara jelas.
Manajemen perusahaan menetapkan tujuan ini setelah berkonsultasi dengan karyawan terlebih dahulu. Itu bergantung pada asumsi bahwa ketika karyawan memiliki suara dalam penetapan tujuan dan rencana tindakan, partisipasi dan komitmen karyawan meningkat.
Konsep Management by Objectives (MBO), pertama kali dikemukakan oleh Peter Drucker. Tapi konsip ini dikembangkan oleh George Odiorne.
MBO menyatakan tujuan perusahaan teratas dan menggunakan hal yang sama untuk mengidentifikasi tujuan karyawan. Untuk tujuan ini, tujuan organisasi ditetapkan dan dikomunikasikan kepada karyawan oleh anggota yang berkepentingan dengan tujuan untuk mencapai tujuan.
Tujuannya adalah untuk memberikan arahan kepada karyawan. Ini membuat mereka sepenuhnya menyadari fakta tentang apa yang diharapkan dari mereka di tempat kerja. Ini juga menentukan peran dan tanggung jawab karyawan. Selain itu, juga memastikan tindakan di masa depan.
Ini membutuhkan berbagai tingkat manajemen untuk menyepakati tujuan yang jelas. Itu cenderung untuk meningkatkan kinerja perusahaan/organisasi dengan menjaga tujuan dan sasaran bawahan secara bersamaan.
Dalam proses ini, manajemen perusahaan dan karyawan bersama-sama menentukan tujuan bersama, menentukan tanggung jawab dan menggunakannya sebagai kriteria untuk memenuhi tujuan dan sasaran perusahaan.
Keuntungan Menerapkan MBO
Orientasi Tujuan: MBO menekankan pada penentuan tujuan individu selaras dengan tujuan organisasi. Tujuan cenderung menyatakan tanggung jawab berbagai bagian organisasi. Juga, membantu untuk bergabung dengan organisasi dengan bagian dan lingkungannya juga.
Partisipasi: MBO adalah suatu proses yang membutuhkan tingkat partisipasi yang tinggi dari karyawan yang bersangkutan dalam penetapan tujuan dan penilaian kinerja. Jadi, karyawan mendapatkan kesempatan itu untuk mempengaruhi keputusan dan memahami hubungan kerja.
Area Hasil Utama: MBO bertujuan untuk meningkatkan kinerja di area yang paling penting dengan mengidentifikasi Area Hasil Utama (KRA).
Pendekatan Sistem: MBO bekerja pada pendekatan sistem untuk mengelola perusahaan. Ini berusaha untuk mengintegrasikan individu dengan perusahaan dan perusahaan dengan lingkungan bisnisnya.
Optimalisasi Sumber Daya: Tujuan utama MBO adalah untuk memenuhi kemungkinan penggunaan sumber daya fisik dan manusia perusahaan sebaik mungkin.
Apa itu MBE?
Management By Exception (MBE) adalah filosofi yang memberikan wewenang kepada manajemen perusahaan untuk fokus pada hal-hal yang paling penting atau kritis dan mengambil keputusan penting tentang hal itu.
Sekaligus memfasilitasi karyawan lini depan untuk menyelesaikan aktivitas rutinnya. Oleh karena itu, pengawas dapat mendedikasikan upaya dan perhatian mereka untuk masalah yang lebih mendesak.
Management by Exception (MBE) pertama kali diperkenalkan oleh Fredrick Winslow Taylor pada tahun 1919.
Sesuai dengan pendekatan ini, karyawan hanya membawa masalah-masalah itu ke manajemen yang bersifat krusial. Ini termasuk item luar biasa dari perbedaan besar dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, hal-hal yang biasa dan tidak penting tidak boleh disampaikan kepada manajer.
Teori yang bekerja di balik gagasan ini adalah jika standar ditetapkan untuk suatu tugas dan berfungsi dengan baik maka tidak perlu melaporkan setiap detail kepada manajer. Sebab, hal itu hanya akan membuang waktu.
Sesuai pendekatan ini, karyawan memiliki kekuatan pengambilan keputusan untuk tugas-tugas tertentu. Selanjutnya, jika terjadi penyimpangan, hal itu menyebabkan kesulitan bagi bisnis dan karyawan tidak dapat mengelola hal yang sama di level mereka. Dalam kasus seperti itu, karyawan harus menghubungi atasan langsung mereka dan memberi tahu dia tentang hal yang sama.
Ini bertujuan untuk memanfaatkan waktu manajemen dengan cara terbaik. Ini dimungkinkan dengan melibatkan mereka hanya jika ada perbedaan dari tugas rutin.
Tujuan alat ini adalah untuk membantu manajer mengidentifikasi dan mengisolasi isu-isu yang menuntut keputusan dan tindakannya. Oleh karena itu, mereka kurang memperhatikan isu-isu yang tidak memerlukan banyak brainstorming dan dapat ditangani oleh bawahan juga.
Keuntungan Menerapkan MBE
Penentuan Tanggung Jawab yang Mudah: Tujuan, standar kinerja pekerjaan, tugas dan hak dinyatakan secara rinci untuk berbagai tingkat manajemen.
Menghemat waktu: Manajemen memiliki berbagai hal yang harus ditangani, membutuhkan perhatian dan waktu mereka. Dengan mendelegasikan wewenang pengambilan keputusan pekerjaan rutin kepada staf bawahan, manajemen mendapat waktu untuk memikirkan hal-hal penting.
Pemanfaatan kemampuan yang optimal: MBE mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan ke berbagai tingkat manajemen. Sesuai teknik ini, setiap individu dalam kekuasaannya tergantung pada tingkat manajerialnya bebas mengambil keputusan. Jadi, dia bertanggung jawab penuh atas hasil atau tindakannya.
Peningkatan Produktivitas: Dalam pendelegasian wewenang ke manajemen tingkat menengah dan bawah terjadi. Ini membantu mereka dalam kinerja pekerjaan mereka dan juga mendapatkan rasa memiliki.
Mengembangkan bawahan: Dengan tanggung jawab yang meningkat, bawahan belajar bagaimana menangani berbagai masalah sendiri, tanpa sesekali pergi ke manajer. Itu tidak hanya melatih mereka untuk mengambil inisiatif tetapi juga meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan mereka.
Perbedaan MBO dan MBE
- MBO adalah proses menetapkan tujuan bagi karyawan sehingga mereka menyadari apa yang diharapkan dari mereka di tempat kerja. Sebaliknya, MBE adalah pendekatan manajemen yang memberi petunjuk kepada manajer tentang kapan dan di mana fokus dan perhatian mereka diperlukan.
- Tujuan MBO adalah untuk mengukur dan menilai kinerja organisasi. Juga, ini bertujuan untuk menghubungkan kinerja individu dengan tujuan organisasi. Di sisi lain, tujuan MBE adalah untuk membebaskan waktu manajemen perusahaan yang berharga, sehingga mereka dapat fokus pada masalah yang paling penting terlebih dahulu.
- MBO adalah filosofi Desentralisasi. MBE adalah teknik kontrol.
- Dalam kasus MBO, partisipasi karyawan dalam manajemen tinggi. Sedangkan dalam kasus MBE partisipasi pegawai dalam manajemen relatif rendah.
- Di MBO, tidak ada ambiguitas tanggung jawab. Hal ini karena ada pembagian tanggung jawab yang jelas. Sebaliknya, ambiguitas tanggung jawab ada dalam kasus MBE.
- Fungsi utama MBO adalah membantu manajemen dalam menetapkan tujuan karyawan yang selaras dengan tujuan perusahaan. Sebaliknya, fungsi MBE hanya melaporkan pengecualian atau penyimpangan kepada eksekutif puncak.
Itulah beberapa perbedaan MBO dan MBE. Saya harap artikel ini bermanfaat untuk Agan! Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar
Posting Komentar